Menjadi Entrepeneur Berbasis Narasumber Untuk Danus Organisasi - M. Abdul Rohman, SE, M.Sc(candidat)

Menjadi Entrepeneur Berbasis Narasumber Untuk Danus Organisasi

Menjadi  Entrepeneur  berbasis Narasumber Untuk Danus Organisasi-Danus(dana usaha) selama di organisasi UIAC, saya banyak belajar mengenai bagaimana seharusnya kita menghadapi beberapa masalah. awal mula saya memasuki organisasi ini ini karena saya prihatin dengan teman saya yang bernama Dendi. Dia diangkat sebagai presiden UIAC pada saat itu, di waktu bersamaan KSM Eka Prasetya yang diwakilkan ketuanya adalah Naufal meminta saya untuk membantu dia untuk dapat dijadikan sebagai ketua Departemen penelitian di ksm. kemudian di saat yang bersamaan saya setengah aktif di badan otonom economica, dimana saya saat itu juga diberikan penawaran untuk menjadi ketua divisi penelitian di badan otonom economica. 

Berpikir di badan otonom economica organisasi yang sudah Setel di  fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Indonesia, Saya mengulangi kadiv sebelumnya  yaitu Saya hanya melakukan program kerja yang sudah dijadikan sebagai sop organisasi tersebut. disaat teman-teman saya di badan otonom economica banyak yang memberikan dukungan terhadap saya,  namun saya memikirkan mereka juga berhak untuk belajar menjadi ketua divisi  penelitian di badan otonom economica. 

Lantas saya berpikir dia juga berhak untuk jadi ketua divisi penelitian, sehingga dengan berat hati saya harus mempersilahkan teman saya untuk menjadi ketua divisi penelitian. apalagi saya menulis proposal hanya untuk ditujukan menjadi staf ahli di badan otonom economica, organisasi tersebut adalah organisasi yang sangat profesional selama saya mengikuti organisasi. dimana untuk menjadi staf ahli di badan otonom economica pun harus membuat semacam proposal. 

disinilah saya memunculkan banyak kritikan kritikan yang didasarkan pada data yang ada di organisasi tersebut seperti data mean satisfaction index  pada era  sebelumnya. 3 tahun lebih Saya sudah melakukan pengembangan diri di organisasi badan otonom economica.saya merasa berdosa Saya sudah di ditempa dan dilatih untuk menjadi peneliti di badan otonom economica Feb UI. namun justru saya menolak tawaran untuk menjadikan ketua divisi penelitian di badan otonom economica. sehingga untuk menebus dosa tersebut saya membuat proposal sebagus mungkin yang isinya kritikan temuan  2 organisasi badan otonom economica 3 tahun kebelakang. kemudian saya pun juga membuka diri untuk dijadikan sebagai sarana sharing terhadap adik kelas. Apabila mereka membutuhkan pertanyaan.

Di ksm eka Prasetya, saya ditawari oleh Noval untuk menjadikan wakil divisi penelitian. namun Saya meragukan tawaran tersebut pasalnya tawaran tersebut sangat mendadak. beberapa kali mereka melakukan rapat beberapa kali juga saya ya tidak hadir di rapat tersebut. 

saya merasa sudah 1 tahun meninggalkan di KSM Prasetya Saya tidak mempunyai power atau kekuatan untuk memberikan kontribusi di KSM Eka Prasetya. pada akhirnya Apabila saya mengikuti kemauan Noval Kontribusi saya terhadap KSM Eka Prasetya sangat berkurang. hingga Saya memberanikan diri untuk menolak penawaran dari Noval.

 disaat bersamaan BMT Feb UI mereka memberikanku kesempatan untuk dijadikan sebagai Direktur Utama BMT Feb UI oleh Askar Muhammad direktur BMT sebelumnya. namun saya menolak tawaran tersebut,  karena BMT Feb UI berada di lingkungan feb ui. ketika saya melakukan aktivitas di lingkungan  fakultas Dan teringat pada  organisasi badan otonom economica UI saya merasa tidak bisa move on dari organisasi tersebut. 

sehingga Saya menginginkan untuk mencari organisasi yang ada di lingkungan universitas, Hal ini karena disamping menambah jaringan ku di luar sana dan dapat meningkatkan skill saya terhadap  penelitian.

di saat yang bersamaan Dendi sedang kebingungan untuk mencari teman menjadikan sebagai ngobrol di organisasi UIAC.   selalu bercerita tentang organisasi tersebut sehingga saya merasa penasaran terhadap organisasi tersebut. saya pun meminta Dendi untuk masuk ke organisasi tersebut meskipun saya belum tahu, pola pembelajaran organisasi tersebut bagaimana. sehingga di situ saya belajar Bagaimana menghadapi  masalah pada organisasi tersebut. 

Akhirnya saya masuk organisasi tersebut dan dijadikan sebagai kepala divisi penelitian dan kajian di organisasi Universitas Indonesia achievement Community. salah satu gebrakan di organisasi tersebut kita berusaha untuk Mandiri mendapatkan pendanaan untuk menyelenggarakan acara  Organisasi seperti perlombaan dan lain sebagainya. 

disini saya mendapatkan peran untuk memberikan ide kepada Dendi Bagaimana memperoleh  pendanaan tersebut. karena saya dan dia adalah satu jurusan, ketika yang makan siang bersama dengan Dendi di  Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. sekali sendok saya berpikir untuk membuat semacam    pelatihan yang berbayar  mendapat di kegiatan perlombaan tersebut. awalnya Saya meragukan atas diri saya sendiri. 

selama saya mengikuti organisasi badan otonom economica saya Sangat gemar untuk belajar bagaimana mengolah data dengan aplikasi stata. waktu yang bersamaan setelah saya mengikuti pelatihan di badan otonom economica Saya juga mengikuti pelatihan di Universitas Gadjah Mada tentang  Bagaimana mengolah data menggunakan indonesia family Life survey( ifls).

berbekal pengalaman tersebut Saya memberanikan diri untuk memberikan pelatihan. saya pun mengajak kamu untuk menjadikan salah satu narasumber saya dan Pak Yudhistira sebagai pembina UIAC.   ada kisah yang menarik ketika mempersiapkan acara tersebut. Sempat terpikir acara tersebut sangat mendadak pasalnya saya terpikir mengadakan acara tersebut pada jam makan siang. pada saat itu juga kami  memberanikan diri untuk membuat surat untuk peminjaman ruangan di di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia. 

disini saya mendapatkan izin kepada BEM Fia untuk melakukan kegiatan tersebut. Sebutkan  tersebut teman dendi. yang singkat tersebut ternyata menimbulkan banyak kontroversial seperti acara dilakukan di fakultas namun berbayar, acara dilakukan ketika hari Sabtu hari tersebut Kebanyakan orang untuk beristirahat,awalnya tempat tersebut tidak berbayar Namun karena acara tersebut berbayar sehingga BEM FIA memutuskan untuk memberi tarif kepada UI AC.


Pagi-pagi buta saya sudah mulai mempersiapkan materi yang akan saya berikan pada pelatihan tersebut, saya membaca semua profil peserta ternyata kebanyakan dari kalangan mahasiswa S1 dan S2 ternyata juga terdapat mahasiswa S3. di sana juga terdapat beberapa dari pemerintahan seperti Pemprov DKI. awalnya Saya meragukan dengan diri saya sendiri karena melihat saya masih belum lulus sarjana namun terpaksa harus mengisi acara ini.

acara dilakukan pada tanggal 10 November 2018  bertepatan dengan hari pahlawan. saya sangat mengapresiasi kepada semua peserta dimana meskipun hari Sabtu mereka tetap menyempatkan untuk hadir untuk mendengarkan apa yang yang bisa saya bagikan ke mereka. 

materi yang saya sampaikan bersifat sangat dasar karena ini adalah pelatihan pertama kali yang saya berikan . namun kebanyakan mereka sangat antusias untuk mengikutinya. sehingga acara pertama dengan nilai HTM yang sangat murah Rp30.000 bisa memperoleh peserta yang sangat banyak. hampir satu ruangan terisi penuh.
 acara ini ternyata memberikan nilai tambah bagi  Universitas Indonesia  Achievement Community sehingga kamu melakukan pelatihan pengolahan data statistika dengan menggunakan stata batch 2. 

berbekal pengalaman di pelatihan base pertama Dimana mereka sangat antusias terhadap aplikasi stata. kami sangat yakin untuk melakukan pelatihan pengolahan data statistika  menggunakan stata batch kedua.ternyata peserta yang mengikuti acara kedua ini Justru lebih banyak daripada batch pertama awalnya saya sangat meragukan dengan beberapa jumlah peserta yang mengundurkan diri karena ketidakpastian jam yang akan dilakukan.

 hal ini terjadi karena hari-hari sebelum memulai pelatihan ada konfirmasi tanggal dimundurkan. Namun ternyata banyak dari mereka bertahan untuk mengikutinya sehingga  justru banyak dari mereka mengajak temannya untuk mengikuti acara tersebut. 
 kesuksesan terhadap kedua acara tersebut memberikan dampak kepada organisasi Universitas achievement Community untuk mendapatkan pendanaan baru. di akhir masa pemerintahan Daendels dan menyarankan acara tersebut tetap harus dilakukan karena hal ini sangat penting untuk memperoleh pendanaan baru.


Baca juga: